>> Selasa, 11 Agustus 2009


PEER EDUCATION ( PENDIDIKAN SEBAYA )
___________________________________ Oleh : Novia Dwi K
Kelas : 8 B
Teman-teman pasti tahu khan yang dimaksud dengan Peer Education. Yuup...baner banget Peer Education adalah untuk mengembengkan pengetahuan, sikap dan tindakan seseorang yang berkaitan dengan pencegahan HIV / AIDS. Bagi sebagian orang yang belum tahu peer education, jangan bayangin bahwa itu adalah buah PEER yang krenyes-krenyes kalo dimakan. Bukan juga PER....yang bikin mental. Ingat ..yow.

Temen-temen PEER EDUCATION / Pendidikan Sebaya ternyata mempunyai manfaat yang aduhai....banget. Kusebutin satu-persatu manfaatnya dech :

1. Alih Pengetahuan : alih pengetahuan disini ada maksudnya loch, yaitu kita bisa menularkan pengetahuan kita kepada orang lain. Jangan takut temen-temen soalnya menularkan disini sifatnya baik kok, nggak kaya virus penyebab penyakit, jadi jangan takut.

2. Penjelasan yang diberikan akan lebih mudah dipahami : maksudnya adalah lebih mudeng bila yang mengajarkan adalah temen sebaya kita. Bandingkan aja dengan diterangkan oleh guru kita 100% pasti beda banget kalo yang nerangin temen sebaya kita.

3. Dapat didiskusikan secara terbuka : artinya, kita bebas bicara apa...saja dengan temen sebaya kita apapun masalahnya. Dijamin pasti akan langsung nyambung ( kaya telepon aja )

4. Mendengarkan Kelompoknya : yaitu kita mendengarkan, memperhatikan bila ada temen kita yang sedang berbicara. Jangan ngomong sendiri...yaow.

5. Memahami Permasalahannya : artinya kita harus nyambung apabila temen kita lagi curhat. Supaya temen kita itu merasa dihargai oleh kita dan kita juga harus bisa memberikan solusi untuk dia.

Selesai nich manfaat-manfaat Peer Education . Kamu pasti nggak menyangka kalau ternyata curhat sama temen ada manfaatnya.

==================================================
Reporting : Novia Dwi Kurnia
Posting : Mandor Kawat

0 komentar:

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Free Blogger Templates Autumn Leaves by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP