POSKO UJIAN NASIONAL 2009

>> Minggu, 26 April 2009

Minggu, hari ke 26 di bulan April tahun 2009. Pukul setengah tujuh sudah berpacu dengan waktu menembus embun pagi terbirit-birit memacu vega ZR. Dinginnya udara pagi menembus jaket kulit coklat butut sampai paru-paru. Mentari msih malu menampakkan wajahnya saat kutempuh jalan raya Banjarnegara - Wonosobo. Minggu hari prei hingga jalan relatif sepi dari pengguna jalan raya. Perjalanan lancar setengah jam sampailah memasuki wilayah Pos ko Sub Rayon 06 Kabupaten Wonosobo yang bermarkas di SMP 2 Selomerto. Menunggu waktu kesepakatan dengan teman, mengambil naskah soal UN jam 08.00 waktu cukup untuk istirahat cuci muka raup membersihkan sisa asap kenalpot yang menempel di wajah.
Tepat waktu pak Hendro datang, segera berangkat ke Rayon 07 Wonosobo untuk mengambil naskah soal UN ternyata menunggu teman-teman Sub Rayon Lain lengkap, mendapat wejangan dulu dari Sekretaris Dinas Pendidikan, Kabid SMP, Kasi Kurikulum dan Pengawas. Baru soal bisa di cek lengkap utuh dan mengisi berita acara, di panggul masuk mobil, cukup menguras tenaga pak Hendro dan Mas Dwi Gombloh. Keringat meleleh di wajah mereka, setelah menjadi kuli panggul soal UN se rayon 06, cukup melelahkan padahal belum sarapan. Di Dinas Pendidikan dari jam 08.00 sampai jan 10.30. Teman-teman kepala sekolah se Sub Rayon 06 sudah resah menunggu, ada yang tidak betah ada yang kelaparan dan ada yang takjiah.
Jam 11.00 kami sampai Pos Sub Rayon, langsung brifing cas cis cus......kesepakatan-kesepakatan, dengan misi UN sukses hasil, sukses pelaksanaan tanpa komplain.
Selesai brifing, kegiatan berikutnya memgelompokkan naskah soal sesuai jadwal dan mapel untuk masing-masing sekolah yang ternyata cukup menyita waktu, jam 5 sore tugas baru selesai sampai soal tersimpan di tempat yang aman. Pak Edi dan Mas Dwi menyusun sesuai mapel, pak Muhson, pak Budi dan Bu Ari mengikat untuk masing-masing sekolah. Agar besok pagi hari Senin mudah pendistribusiannya. Piket Posko Hari pertama siang sampai jam 18.00 dijalani dengan sukses oleh pak Muhson dan Bu Rini, malamnya dilanjutkan Pak Budi dan Pak Hendro, dimana tulisan ini dibuat beliau berdua sudah terbuai mimpi karena waktu sudah pagi jam 2 malem, mandor kawat matane kancilen ora bisa merem.
Tugas tahunan kepala sekolah ninggal anakbojo, demi tanggung jawab ngeloni naskah soal UN, dengan pengarep-arep semoga ujian sukses, aman, lancar dan hasilnya sesuai dengan yang diharapkan. Turu nang ngomah biasa dikeloni bojo, dengan selimut yang hangat dan kasur yang empuk, ruang kamar yang rapi dan wangi tapi tidur di POSKO UN beralaskan karpet tipis lantai yang adem tur atos berselimut sarung, kalau diperhatikan persis pengungsi korban bencana alam. Tidak terdengar dan tidak terlihat sedikitpun keluhan di wajah para Poskowan walau fasilitas seadanya, sarung masih tertembus dinginya udara malam yang menggigit tulang
belulang, embun malam mulai masuk ventilasi udara, tarikan nafas teratur lelapnya tidur tapi tidak beralaskan kasur.
Pak Sekretaris Dinas Pendidikan dan Pak H.Erman Pengawas SMP Kab Wonosobo datang gasik ke Posko Sub Rayon 06 sekitar jam 8 malam, teman-taman Poskowan masih segar-segar bisa menerima kerawuhan Bapak berdua dalam suasana keakraban dan sangat familiar.
Semoga esok pagi matahari masih tersenyum menyambut anak-anakku melaksanakan ujian nasional hari pertama 27 april 2009 . Sukses selalu anak-anakku bapak ibu guru selalu mendo'akan kalian semua.
"Mandor Kawat " Kerjanya Kendor Makannya Kuat

0 komentar:

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Free Blogger Templates Autumn Leaves by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP